Most Recent

Taman Sehat Rumah Sederhana

    Keindahan dan kenyamanan pastilah diharapkan setiap orang pada semua aspek lingkungan keberadaannya. Rumah, Lingkungan Masyarakat, semua Instansi dan Institusi bahkan ke Sarana-sarana umum lainnya. Pada konsep rumah hunian juga sangat dipengaruhi bahkan dikritisi oleh nilai-nilai indah dan nyaman tadi. Mengapa demikian? Banyak alasan yang mendukung dan mempengaruhi hal tersebut. Salah satunya adalah Sumber Inspirasi. Iya, hal ini tidak terlepas dari pikiran yang sehat. Semua itu terbentuk oleh banyak hal, seperti: udara yang segar dan bersih (bebas polusi), tidak mengundang sumber penyakit, adanya siklus biohiginenis, dan beberapa aspek penting lainnya yang membentuk karakter pikiran sehat. Hal yang serupa juga bisa diterapkan dengan konsep sederhana. Taman Rumah Sederhana, tentunya salah satu solusi kecil pembentuk diagram keseimbangan ini. Berbagai referensi dan praktek nyata sudah pernah muncul dan dimulai terus-menerus (konsistensi) tanpa memandang pengaruh zaman dan waktu.



       Banyak hal yang dapat kita angkat dari ini, seperti membentuk seindah mungkin walau hanya sangat sederhana sekali tanaman atau tata lingkungan yang diterapkan. Prioritasnya bukan pada besar atau kecilnya tempat untuk dikelola (dibuat taman), akan tetapi pada jenis tanaman sehat seperti apa yang dapat diseimbangkan dan diterapkan pada media yang akan diberdayakan sehat. Ada banyak keuntungan yang dapat kita peroleh dari hal ini, seperti menjadikan rumah lebih indah secara pandangan (estetika) dan lebih sehat pada tatanan kesehatan tepat guna sederhana (biohigienis oksigen). Unsur alam terpenting dalam kehidupan ini diantaranya; oksigen, air dan bahkan pada sub konsumsi.

         Taman sederhana pada kosep rumah, sangat mudah dapat mulai bahkan dikelola. Faktor utama adalah rumah merupakan tempat persinggahan setiap orang pada setiap ruang waktu. Tak hanya itu, rumah juga menjadi tempat awal dinamika dan pemikiran terbentuk, tergantung bagaimana kita membentuknya sampai dengan hal apa saja yang dapat kita isi sebagai media pembentuk kepribadian nantinya (Generation not miss idea). Ada berbagai metode penting dalam menggalakkan program keseharian ini sesuai dengan perkembangan teknologi, desain, dan cakupan berpikir umat manusia sesuai arah zaman (global maupun verbal). Pada sendi kehidupan berikutnya, kita dapat meminimalisir tingkatan emosi yang tinggi. Sementara emosi merupakan hal psikologis yang dapat diredam dan ditekan oleh faktor lingkungan yang sehat tentunya, selain banyak faktor penting lainnya. Banyak orang yang cenderung stabil tingkatan emosionalnya dipengaruhi dengan senyaman dan sesehat apa tempat ia tinggal. Sehingga hal ini, membuat saya sepakat kalau rumah yang sehat (salah satunya mempunyai taman sehat) memberikan faktor penting dalam membentuk kondisi emosional yang stabil.

      Taman Rumah Sederhana, kadang-kadang menjadi hal yang sering terabaikan. Seiring dengan “sibuknya” aktivitas kita yang beragam. Waktu menjadi kendala bagi kalangan seperti ini, sehingga membuat “ia” terlupakan. Bagaimana menurut anda? Sepaham atau tidak, saya menyimpulkan Taman Rumah Sederhana dapat kita bentuk kapan saja, dimana saja dan dalam kondisi yang bagaimanapun. Sangat tidak wajar jika kita harus memaksakan ini semua pada satu kesempatan saja, ataupun pada konteks yang bersifat buru-buru. Pemilihan jenis tanaman, tata taman yang ideal, bahkan sistem perawatannya kelak harus sesuai dengan karakteristik dan suasana “memiliki” daya cipta untuk hidup sehat bermula dari hal kecil yang paling sederhana yaitu rumah hunian kita masing-masing. Hampir tidak ada alasan apapun untuk menyepelekannya, jika kita semua sepakat hal ini menjadi dasar yang paling sederhana dalam membentuk tempat tinggal yang nyaman, segar, bersih dan sehat. [[[Mac_Noumi]]]

Banda Aceh, 20 Januari 2016.
Taman Sehat Rumah Sederhana Taman Sehat Rumah Sederhana Reviewed by Mac_Noumi on 02.34.00 Rating: 5

Tidak ada komentar: