Most Recent

Pulau Rusa , Aceh (part 1)

Malam keberangkatan, pada saat itu Kota Banda Aceh diguyur hujan lebat. Hingga saat Tim Metalik Adventure berkumpul di Solong Ulee Kareng hujan teramat lebat, sempat Tim berpikir bahwa di sana juga (mungkin) dalam keadaan hujan lebat. Saya lupa, kali ini Tim Metalik Adventure mengadakan perjalanan ke Pulau Rusa yang bertempat di Lhoong Kabupaten Aceh Besar. Perjalanan di rencanakan menghabiskan waktu selama 2 hari (direncanakan oleh Tim). Destinasi kali ini dilakukan pada 23 sampai dengan 25 Januari 2016. Baik, sebelum saya mulai menceritakan perjalanan kami kali ini (Metalik Adventure Team), ada baiknya singkat saja, saya mencoba menceritakan sedikit referensi tentang Pulau Rusa.
================================
****Pulau Rusa****
Pulau Rusa merupakan salah satu pulau yang terletak di Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar. Pulau yang terletak di Samudra Hindia ini, memiliki luas yang kira-kira 0,296 KM² (www.seputaraceh.com) dengan koordinat [[ 5° 16’34” LU, 95° 12’7” BT]] (sumber: www.wikipedia.com). Dengan tanpa Penghuni, Pulau Rusa ini juga menjadi salah satu bagian dari Pulau Terluar di Republik indonesia, hal ini kami simpulkan dengan adanya “Pilar Garis Depan Nusantara) yang telah dibuat pada beberapa tahun silam oleh salah satu Kelompok Penggiat Alam Terbuka di Indonesia pada salah satu Ekspedisi yang di tandai dengan Tema Pada Pilar tersebut (hasil pengamatan Tim Metalik Adventure saat disana). Saya rasa cukup dengan itu sebagai referensi awal dan literatur sederhana tentang Pulau Rusa. Tentang Letak Geografisnya, Sejarah (history) dan Dimensi Keanekaragaman lainnya biarlah menjadi arsip kami sebagai Media Pendukung untuk hal-hal berikutnya yang dapat membantu proses dan literatur pengembangan berikutnya (jika menyangkut Pulau Rusa kembali), mohon maaf kami tidak dapat menerbitkannya pada tulisan ini. Akan tetapi, bagian yang tidak kalah penting dari itu semua, akan kami nukilkan pada “catatan” perjalanan kami kali ini.
===============================
            Malam Sabtu/22 Januari 2016.
(21.00 WIB).
Tim Metalik Adventure, yang berjumlah 11 orang, terdiri dari (Fauzi, Noumi, Rahmat Suhanda, Khairul Ikhwan, Suryadi, Naufal Risma, M. Erpan, Alfiz Ramadhani, Rollis Juliansyah, M. Nazir dan Audi K). Mengambil titik start dari Solong Ulee Kareng dengan menggunakan  sepeda motor. Kondisi selama perjalanan hujan lebat sampai ke Wilayah Lhok Seudu, Kecamatan Lhok Nga, Aceh Besar.

            (21.45 WIB).
Tim tiba dengan selamat di Mesjid Kampung Birek, Kecamatan Lhoong Aceh Besar, sekaligus menjadi tempat pertemuan dengan Ferdian (Warga Setempat) yang nantinya kami akan menyimpan sepeda motor selama kami dalam perjalanan dan menjadi penanggung jawan transportasi penyeberangan (boat) menuju Pulau Rusa.

            (22.30 WIB).
Tim bergerak menuju Tepin Lhok Kareung, Kemukiman Cot Jeumpa dan selanjutnya akan menjadi tempat (camp) pertama malam itu dan sekaligus menjadi titik start menuju Pulau Rusa dengan menggunakan boat mesin keesokan harinya.

            (23.27 WIB).
Tim bertemu dengan Pawang (istilah lokal untuk seseorang yang mengerti kondisi alam khususnya laut disana) dan langsung memperoleh seseorang yang akan menjadi Nahkoda untuk boat mesin dimaksud. Saat itu pula Tim melihat hasil tangkapan mereka selama dilaut malam itu berupa Lobster Raksasa (Udang Maradona/ sebutan orang lokal dikawasan itu untuk jenis Lobster ini) yang berbobot 2,5 KG.

            (23.55 WIB).
Tim istirahat tidur dimalam pertama sebelum ke Pulau Rusa di Salah Satu Bangunan yang ada pada Komplek Tepin Lhok Kareung.

 #Metalik_Adventure_Destination
(To Be Continue >>>>>)

### Photo Resume ###
Sumber Foto (Rahmat Suhanda / Suryadi / Rollis Juliansyah)









Pulau Rusa , Aceh (part 1) Pulau Rusa , Aceh (part 1) Reviewed by Mac_Noumi on 13.27.00 Rating: 5

Tidak ada komentar: