Most Recent

Sekilas, tentang perjalanannya ke seluruh dunia... (Kopi)


Kopi pada awalnya tumbuh di tanah Arab, dan kemudian menyebar ke seluruh dunia:
Kopi Memasuki Asia
      Kerajaan Turki membawa kopi sebagai persembahan kepada raja-raja yang berada pada pengaruh keislaman, terutama kawasan semenanjung Sumatera dan Malay. Bahkan perkembangan pada tahapan berikutnya sampai ke daratan Filiphina. Seperti sedianya, armada yang digunakan oleh orang-orang Turki dalam menyebarkan pemberian bingkisan dari Raja mereka, dengan menggunakan moda angkutan perairan.
         Kolonial Belanda membudidayakan kopi di Malabar India, dan pada tahun 1699 membawa bibitnya ke Batavia di Jawa (Java), Indonesia. Beberapa tahun kemudian, kolonial Belanda menjadi pemasok utama kopi ke Eropa. Sekarang, Indonesia adalah negara eksportir kopi peringkat keempat terbesar di dunia.

Kopi Memasuki Eropa        Pedagang Venesia pertama kali membawa kopi ke Eropa, pada tahun 1615. Periode ini adalah saat dua produk minuman hangat lainnya juga memasuki Eropa. Coklat adalah yang pertama, dibawa oleh orang Spanyol di tahun 1528 dan teh yang dijual pertama kali di Eropa pada tahun 1601.
       Pada awalnya, kopi utamanya dijual oleh pedagang buah dan dipercaya memiliki kualitas medis. Kedai kopi pertama di Eropa dibuka di Venesia tahun 1683, dan sebuah kedai kopi yang sangat terkenal, Cafe Florian di Piazza San Marco, yang dibuka di tahun 1720 masih menjalankan bisnisnya sampai sekarang.

Kopi Memasuki Amerika
      Catatan awal kopi mulai diminum di Amerika Utara adalah pada tahun 1668 dan segera sesudahnya kedai kopi berdiri di New York, Philadelphia, Boston dan kota lainnya. Boston Tea Party rencana awalnya dimulai di kedai kopi, The Green Dragon, pada tahun 1773. Sedangkan New York Exchange dan Bank of New York juga didirikan di kedai kopi, sekarang daerah bisnis ini dikenal sebagai Wall Street.
       Pada tahun 1720 kopi pertama kali dibudidayakan di Amerika, melalui cara yang mungkin paling berkesan dari cerita romantisme diseputar sejarah kopi. Gabriel Mathieu de Clieu adalah seorang pelaut Perancis yang bertugas di Martinique dan pada tahun 1720 berlayar ke Paris. Sewaktu kembali, dia membawa sebatang pohon kopi bersamanya di atas kapal. Tanaman itu diperlihara di dalam wadah gelas di dek untuk menjaganya agar tetap hangat dan mencegah kerusakan akibat air laut. Perjalananya sungguh berkesan, segerombolan bajak laut dari Tunis menyerang kapal, dan badai yang hebat datang sedangkan tanaman itu harus terus terikat kuat. Pahlawan kita menghadapi bajak laut di kapal yang menginginkannya dan mencoba mensabotase tanaman itu. Ada pertempuran hebat sehingga cabangnya sampai patah, tapi tanaman itu selamat dari marabahaya. Kemudian kapal menjadi tenang dan air segar dibagikan, air tawar yang didapat de Clieu diberikannya sebagian besar untuk tanaman kopi tersebut. Pohon itu selamat, sebagaimana juga dirinya. 
           Akhirnya, kapal tiba di Martinique dan pohon kopi tadi kembali ditanam di Preebear, ia dikelilingi oleh pagar berduri dan diawasi oleh orang suruhan. Pohon itu tumbuh dan berkembang biak, dan pada tahun 1726 panen pertama telah siap. Tercatat bahwa pada tahun 1777 ada sekitar 18 dan 19 juta batang kopi di Martinique. 
          Tetapi, Belanda merupakan yang pertama kali mulai menyebar tanaman kopi di Amerika Tengah dan Amerika Selatan yang mana sekarang daerah ini memperoleh keuntungan sebagai penghasil komoditas kopi utama di benua ini. Kopi pertama kali tiba di koloni Belanda, di Suriname pada tahun 1718, diikuti penanaman di French Guyana dan pertama kali di Brazil di Paraguay. Pada tahun 1738 Inggris memperkenalkan kopi ke Jamaica yang sekarang menjadi kopi paling terkenal dan paling mahal di dunia, yang dibudidayakan di Blue Mountain. 
        Pada tahun 1825, Amerika Selatan dan Tengah berada pada jalan takdir dunia perkopian mereka. Tahun itu menjadi sangat penting ketika kopi pertama kali ditanam di Hawaii yang memproduksi satu-satunya kopi USA, dan merupakan salah satu produk kopi terbaik dunia.

******* referensi cerita dikutip dari berbagai sumber, pengembangan tulisan di kembangkan secara sederhana. Saran dan Masukan tentang narasi dan sumber-sumber yang akurat, sangat saya butuhkan dalam menyajikan tulisan agar sedianya lebih baik dan berguna……… terima kasih…….********
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekilas, tentang perjalanannya ke seluruh dunia... (Kopi) Sekilas, tentang perjalanannya ke seluruh dunia... (Kopi) Reviewed by Mac_Noumi on 12.55.00 Rating: 5

Tidak ada komentar: