Most Recent

Perilaku Konsumen


Mengukur Life Style: Psychografis.
Konsep: Ilmu tentang pengukuran dan pengelompokan gaya hidup konsumen dengan menggunakan kerangka vals ( Values and Lifestyles Analysis – analisis nilai dan gaya hidup).

1. Actualizers: orang yang suka, yang oleh orang lain dianggap sebagai impian. Mereka orang yang sukses, aktif, dan bertanggung jawab. Pembelian pada produk-produk yang berbudaya kelas atas. Mereka relung pasar khusus.

2. Fulfileds: Orang yang suka merealisasikan seluruh ambisi dan potensi diri. Mereka adalah orang yang matang, puas, nyaman, reflektif. Mereka menyukai pembelian produk yang memiliki daya tahan-awet, fungsi dan nilai-nilai suatu produk.

3. Achievers: Orang yang suka mencapai sasaran pribadi melalui keterampilan dan kerja. Mereka orang sukses, berorientasi kerja dan karier. Mereka menyukai produk-produk mapan dan bergengsi yang menunjukkan keberhasilannya pada rekan-rekannya.

4. Experiencers: Orang yang suka mencoba. Muda, energik, bersemangat, impulsive, dan suka memberontak. Suka membelanjakan penghasilannya dalam proporsi yang besar untuk pakaian, makanan cepat saji, music, film-video.

5. Believers: Orang yang menganggap segalanya sudah baik atau benar. Mereka orang yang konservatif, konvensional, dan tradisional. Mereka menyukai produk-produk umum dan merek yang telah mapan.

6. Strivers: Orang yang merasa bersaing. Mereka adalah orang-orang yang memiliki “ketidakpastian” tidak aman, mencari persetujuan, dan terbatas sumber dayanya. Mereka menyukai produk bergaya yang meniru pembelian orang-orang yang lebih makmur.

7. Makers: Orang yang suka membuat, praktis, swasembada, tradisional, berorientasi pada keluarga. Mereka menyukai pembelian produk untuk keperluan bekerja-mempunyai fungsi tertentu, seperti alat pertukangan, kendaraan niaga, peralatan memancing.

8. Strugglers: Orang yang harus berjuang. Mereka adalah para manula, pensiun, pasif, penuh perhatian, terbatas sumber dayanya. Konsumen yang cermat dan setia pada merek favorit.
Perilaku Konsumen Perilaku Konsumen Reviewed by Mac_Noumi on 11.17.00 Rating: 5

Tidak ada komentar: