Most Recent

Hujan dan Manfaatnya : (Refleksi Syukur dan Nilai-nilai Kehidupan)

  
        Malam ini seperti biasanya, sepulang dari "ngopi bareng" teman-teman. Ada yang tidak seperti biasanya. Malam ini, saya pulang saat kondisi Kota Banda Aceh diguyur hujan lebat sejak dari seusai Shalat Magrib. Tidak ada ide menulis apa sesampai dirumah. Sepintas ingin mencari sesuatu hal yang dapat langsung membuat saya tidur. Terbersitlah suatu rasa ingin tahu tentang ini. Hujan, saya coba mencari segala sesuatu yang bersifat pengetahuan. Sekedar membuat saya belajar. Belajar dari hal yang sering luput dari kebiasaan. Menarik minat saya secara pribadi untuk mencoba membuka banyak referensi tentang "Hujan". Barulah kemudian ingin mencoba mengambil suatu pemahaman, secara sederhana mencoba ingin merangkumnya sesuai dengan "seberapa" ingatnya "ingatan" lemah ini..
          Banyak dan sangat istimewa intisari yang saya lihat dari karya-karya penulis diberbagai akses yang saya dapat. Semua beragam menceritakan tentang tema "Hujan" Rahmat dari Allah Subhanahu Waa Ta'Ala. Akan tetapi, pada saat ini tepatlah jika saya mencoba hal yang sama dengan "mereka" para pemilik karya-karya yang sangat luar biasa itu.
------------------------------------------
            Tak ada yang menyangkal, kalau segala sesuatu yang ada di dunia ini mempunyai makna dan manfaat tersendiri. Apalagi itu semua merupakan unsur kehidupan. Selayaknya "Hujan" yang memiliki banyak kegunaan pada manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, bahkan segala sesuatu yang ada dalam hidup dan kehidupan ini. Sebagaimana hal ini sudah terdapat pada Kalam Ilahi dan juga sumber pedoman kita semua di dalam Al-Qur’an : “Dialah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira sebelum kedatangan rahmatNya (hujan), dan Kami turunkan air dari langit yang aman bersih, agar Kami menghidupkan dengan air itu negeri (tanah) yang mati, dan agar Kami memberi minum dengan air itu sebagian besar dari makluk Kami, binatang-binatang ternak dan manusia yang banyak. Dan sesungguhnya Kami telah menggilirkan hujan itu di antara manusia supaya mereka mengambil pelajaran (daripadanya); maka kebanyakan manusia itu tidak mau kecuali mengingkari (nikmat)” (QS. Al-Furqan : 48-50). 
         Dari makna ayat tersebut sudah jelas, bahwa air hujan yang turun dari langit adalah merupakan sumber kehidupan dari Allah SWT. Akan tetapi, masalah yang timbul dan membawa petaka bagi kehidupan umat manusia sehingga terjadi pada musibah seperti banjir, longsor, dan bencana lainnya yang disinyalir disebabkan dari air hujan. Sebenarnya pemahaman itu sangatlah keliru dan salah besar. Bukanlah air hujan yang mendatangkan malapetaka, akan tetapi manusialah yang seakan "senang" dan "gemar" membuat segala hal yang kerusakan di muka Bumi ini. Kalau kita pikir dan saling kita cerdasi bersama, manfaat air hujan sudah tidak bisa dihitung, hanya saja kita yang sering mengingkari nikmatNya. Air hujan selain bermanfaat sebagai sumber kehidupan, juga dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk mengobati penyakit dan memelihara kesehatan kita. Tetapi yang perlu diperhatikan air hujan memiliki suhu dibawah suhu air normal sehingga dapat membuat tubuh terasa menggigil kedinginan. Jika tubuh anda kurang fit dengan daya tahan tubuh dibawah standar normal, sebaiknya tidak mencoba "hujan-hujanan" sehingga membuat tubuh rentan terkena gejala-gejala flu. Air hujan merupakan salah satu sumber air bersih yang disediakan oleh alam yang dapat dipergunakan oleh manusia.


Apa dan bagaimana terjadinya Hujan.
       Air hujan merupakan proses alam yaitu berawal dari uap air dipermukaan tanah yang naik ke langit kemudian membentuk awan. Awan yang menumpuk karena terbawa oleh angin membawa butiran-butiran air. Butiran-butiran air itu mengalami gravitasi dan jatuh ke bumi. Saat air jatuh ke bumi sebagian menguap dan uapan tersebut kembali lagi ke atas dan air yang turun ke bumi disebut air hujan. (maaf kalau persepsi saya sangat sederhana).

Kandungan Air Hujan.
        Sering ada pertanyaan-pertanyaan dari keseharian kita, baik itu dari kita pribadi sampai pada lingkungan tempat dimana keberadaan kita tinggal. Hal ini, sering kita jumpai pada ihwal persoalan dan pertanyaan yang muncul "apakah air hujan dapat kita konsumsi secara instant dan aman?". Sebagai upaya untuk mengulas dan menjawab hal ini, selayaknya perlu beragam pengetahuan dan ilmu atasnya, sehingga setidaknya kita dapat suatu asumsi tentang kandungan air hujan itu sendiri apakah bermanfaat atau sebaliknya justru berbahaya bagi tubuh kita.
           Kandungan air hujan : Sebenarnya kandungan air hujan sangat berpengaruh pada kondisi atmosfer dan arah angin dimana hujan itu turun. Air hujan akan bereaksi dengan kondisi atmosfer yang dilaluinya sehingga sangat berpotensi mengandung zat-zat seperti karbon (fly ash / dalam bentuk abu ringan), asam nitrat, asam sulfat dan zat lainnya yang berasal dari industri atau gunung berapi. Kandungan utama dari air hujan yaitu terdapat 99,9 % H2O sisanya dari kondisi atmosfer yang dilalui. Jadi kandungan air hujan berbeda-beda di satu tempat dengan tempat yang lain. Misalnya kandungan air hujan yang turun di permukaan laut akan berbeda dengan hujan yang turun didaratan, kandungan air hujan yang turun ditempat padat penduduk dan industri akan berbeda dengan kandungan air hujan yang turun di tempat-tempat yang jarang penduduk dan industrinya. 
            Air hujan juga dapat dijadikan air minum segar tetapi disarankan agar melakukan pengolahan terlebih dahulu agar lebih aman untuk kesehatan. Air hujan bisa saja langsung diminum akan tetapi perlu diketahui kondisi atmosfer disekitar turunya hujan, dan air hujan tersebut turun langsung dari langit tidak melalui perantara seperti genteng, seng, logam, daun atau apapun yang memungkinkan air hujan menjadi kotor dan tercemar. Coba anda tadah air hujan dengan wadah yang bersih dan diamkan sebentar, kemudian taruhlah dalam plastik bening kemudian masukan ke dalam freezer, setelah air hujan tersebut membeku akan tampak ada kristal-kristal dalam air hujan tersebut, hal ini menandakan bahwa air hujan layak untuk dikonsumsi.

       Air hujan adalah sumber air yang sangat dibutuhkan oleh kehidupan di alam semesta ini. Dari berbagai pengamatan dan Bahan Bacaan yang saya temui, secara sederhana. Beberapa manfaat air hujan bagi kehidupan dan kesehatan, antara lain:
Manfaat air hujan untuk pertanian.
Air hujan sangat dibutuhkan oleh setiap tanaman, kekurangan air hujan tanaman tidak dapat tumbuh dan produktif. Sehingga dapat menghambat aktivitas pertanian karena tidak dapat meningkatkan hasil panen. Atau bahkan daerah pertanian tadah hujan mereka hanya bisa bercocok tanam ketika musim hujan datang, sebab pengairan pada lahan tadah hujan tersebut hanya mengandalkan air hujan saja.
Manfaat air hujan untuk perikanan.
Ikan air tawar adalah salah satu makanan yang penting bagi manusia sebagai pendamping makanan pokok seperti nasi. Nah, tanpa adanya air hujan maka tambak-tambak akan kering dan otomatis tidak bisa menaruh benih ikan. Tambak-tambak air tawar ini menerima pasokan air terbesar berasal dari air hujan sebanyak 80% dari sumber air yang ada di daerah atau kawasannya.
Manfaat air hujan bagi kehidupan manusia.
Air hujan merupakan sumber air utama bagi kehidupan manusia, sebab dengan adanya air hujan akan menyebabkan adanya air permukaan, dan air tanah yang berasal dari resapan air hujan. Air tersebut dipergunakan manusia sebagai air minum, masak, mencuci, mandi dan lain sebagainya. 
Manfaat Air hujan sebagai sumber energi pembangkit listrik.
Walaupun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) menggunakan air dari danau buatan, laut, sungai tetapi pemasok air terbesar itu adalah tetap air hujan. Sehingga air hujan sangat diperlukan untuk pembangkit listrik tenaga air. 
Manfaat air hujan untuk melestarikan lingkungan hidup.
Lingkungan alam terdiri dari dataran, lautan dan juga pegunungan, sehingga untuk dapat melestarikan alam tersebut sangat membutuhkan air hujan. Seperti semua tumbuhan di bumi membutuhkan air hujan sehingga dapat tumbuh dengan baik, sehingga dapat membantu tanah melakukan penyerapan air hujan lebih maksimal, jika pohon-pohon dapat tumbuh dengan subur dan penyerapan tanah juga baik maka akan memperkecil resiko terjadinya longsor. 
Manfaat air hujan hujan untuk menghidari erosi tanah.
Konstruksi tanah sangat membutuhkan serapan air hujan yang maksimal agar tanah menjadi kuat dan tidak mudah terjadi erosi. Penyerapan air hujan dapat maksimal apabila ada bantuan pepohonan. 
Manfaat air hujan sebagai air minum.
Sebaiknya jangan minum air hujan yang langsung dari atas, karena dikhawatirkan ketika di atmosfer terkontaminasi dengan zat-zat kimia berbahaya. Air hujan sebelum dikonsumsi lebih baik dilakukan pengolahan terlebih dahulu. Pengolahan air hujan dapat dilakukan melalui pemurnian degan tujuan menghilangkan zat-zat berbahaya bagi tubuh. Jika sudah melalui proses pemurnian tersebut maka air hujan dapat dikonsumsi tanpa harus dimasak terlebih dahulu. 
Manfaat air hujan untuk kecantikan.
Air hujan yang sudah turun lama akan mengandung zat-zat yang baik bagi kesehatan rambut kita seperti beragam mineral, kandungan garam dan ph netral yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan akar rambut dan tidak mudah rontoh. 
Manfaat air hujan membersihkan udara.
Air hujan yang turun pertama kali di musim penghujan biasanya mengandung banyak kotoran dan polusi. Tetapi air hujan yang sudah sering turun dapat membantu manusia untuk menghirup udara segar setelah hujan turun. 
Manfaat air hujan untuk kesehatan.
Air hujan dapat digunakan sebagai air mimum setelah melalui pemurnian, air olahan dari air hujan juga aman dari kandungan logam, sehingga dapat membantu untuk menjaga kesehatan. (Selesai / Mac.Noumi)

Banda Aceh, 11 Februari 2016.
Semoga Bermanfaat..!

Hujan dan Manfaatnya : (Refleksi Syukur dan Nilai-nilai Kehidupan) Hujan dan Manfaatnya : (Refleksi Syukur dan Nilai-nilai Kehidupan) Reviewed by Mac_Noumi on 13.38.00 Rating: 5

1 komentar:

  1. Okay... Youre Wellcome..
    Succes for your activities Dr. Rochelle :)

    BalasHapus