Most Recent

Fenomena “Sang Pendatang Baru” Discus: (sikecil berkharisma fantastis).

Jika di dalam dunia perikanan Koi dan Arwana ada yang harganya mencapai puluhan juta rupiah, di dunia discus juga ada beberapa strain (suku pada klasifikasi ilmiahnya) yang mencapai harga tersebut. Ikan yang di banderol dengan harga selangit ini adalah ikan-ikan jenis baru yang dikembangkan oleh para peternak di mancanegara.

Albino Bulldog Checkerboard dan Albino Bulldog Blue Diamond adalah sebagian dari strain discus yang dibanderol pemiliknya 12 juta rupiah untuk ikan berukuran 2,5 inch. Sedangkan Bulldog Leopard Snake dibanderol dengan harga sekitar 10 juta rupiah. Ikan-ikan tersebut merupakan hasil karya breeder dari Malaysia. Jika ikan yang baru berukuran 2,5 inch atau boleh dikata masih bayi harganya sudah sedemikian mahal, bagaimana kalau ikan tersebut sudah mencapai 4-5 inch?. Wallahu’alam…!

Harga yang sangat mahal untuk seekor ikan discus jenis baru jika dilihat dari perspektif kolektor sebenarnya hal yang wajar, mengapa? Dalam hal ini para breeder, mayoritas berasumsi dari sisi mengembangkan suatu jenis ikan diperlukan tenaga, pikiran serta waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. (dialog dilakukan pada 17 breeder asal Malaysia, Singapura dan Kanada, pada 23 February 2011, di Capella, Sentosa Island, Singapore. Pada sesi istirahat siang, hari ke 2 “World Ocean Summit 2012” ).

Ikan discus memerlukan umur 1 tahun untuk siap memijah (berkembangbiak). Jika kita menyilangkan ikan discus umur 1 tahun atau kita sebut F0, akan mendapatkan peranakan yang kita sebut F1. Berarti kita harus menunggu 1 tahun lagi untuk menyilangkan F1 tersebut untuk mendapatkan F2, dan begitu juga selanjutnya sehingga bisa mendapatkan hasil ikan discus jenis baru.

Usaha pelestarian untuk jenis ikan ini sudah mulai mendapat respon positif dan sudah mulai dilakukan oleh beberapa negara di dunia, seperti: Malaysia, Singapura, Filipina, Kanada dan Australia, melalui program pemerintah di negara-negara tersebut bahkan berkorelasi dengan Organisasi-organisasi peduli lingkungan di negara yang bersangkutan dengan menjadi acuan program kerja dan wujud aplikatif dari bentuk kepedulian terhadap kepunahannya, seiring makin maraknya kemunculan “pasar illegal” yang memanfaatkan kesempatan bergelimang uang tersebut. (Mac/Selesai).

Klasifikasi Discus:
Genus: Symphysodon
Species:
Symphysodon Discus
Symphysodon discus discus
Symphysodon discus wilischwarti
Symphysodon eaquifasciata
Symphysodon eaquifasciata eaquifasciata
Symphysodon eaquifasciata axelrodi
Symphysodon eaquifasciata haraldi



Keterangan gambar:
Gambar Atas: Albino Bulldog Checkerboard
Gambar Tengah: Albino Bulldog Blue Diamond
Gambar Bawah: Bulldog Leopard Snake

Sumber gambar :
Albino Bulldog Checkboard: http://www.worldstaraquatic.com/gallery.html
Albino Bulldog Bluediamond: http://discussanctuary.com/?paged=4
Bulldog Leopard Snake: foto koleksi pribadi, di potret dari pertunjukan model oleh Imperial Discus Farm melalui IDF Aquarium Trading, Malaysia (World Ocean Summit 2012, Capella-singapore).

Sumber Klasifikasi Ilmiah: http://o-fish.com/Discus/Klasifikasi.php





Fenomena “Sang Pendatang Baru” Discus: (sikecil berkharisma fantastis). Fenomena “Sang Pendatang Baru” Discus: (sikecil berkharisma fantastis). Reviewed by Mac_Noumi on 02.44.00 Rating: 5

Tidak ada komentar: