Most Recent

Antartika yang Tergerus dari bawah


Gletser Pulau Pine di Antartika meleleh dengan cepat pada tingkat mengkhawatirkan. Namun, hal itu terjadi jauh melampaui jangkauan mata manusia-914 meter di bawah permukaan samudera, dibalik landas es mengambang setinggi 7 Monas.

Autosub3, kapal selam robotik, mengunjungi titik nun jauh ini pada 2009. Kapal ini menjelajah 48 kilometer di bawah Landas Es Pulau Pine, menggunakan sonar untuk memetakan dasar laut. Sementara itu, kapal penelitian Nathaniel B. Palmer mengukur: kuatnya arus samudra hanya akan membuat lebih banyak air hangat dari perairan dalam berhubungan dengan es yang menipis, melehkan 79 kilometer kubik sisi bawah landas es pada 2009. Sejak 1974, Pulau Pine telah menipis sebesar 76 meter dan akselerasinya lebih dari 70%.

Memonitor apa yang terjadi pada bagian bawah landas es yang rentan adalah pekerjaan sulit namun vital, (Stanley Jacobs dari Lamont-Doherty Earth Observatory) pemimpin ekspedisi bersama Adrian Jenkins dari British Antarctic Survey. Informasi dari balik pasar dunia sangat penting supaya kita dapat memprediksi secara akurat tingkat kenaikan permukaan laut. 

Kiriman via e-mail (30 january 2012).....By: Douglas Fox (National Geographic Society) 
Antartika yang Tergerus dari bawah Antartika yang Tergerus dari bawah Reviewed by Mac_Noumi on 16.43.00 Rating: 5

1 komentar: