Most Recent

Pembangunan Berwawasan Lingkungan


       Pembangunan adalah berprosesnya sumber daya alam dan sumber daya manusia dengan memanfaatkan teknologi. Kegiatan ini dilandasi oleh kebijaksanaan pembangunan dan dilaksanakan secara bertahap dan sistematis melalui perencanaan jangka panjang 25 tahun. Yang harus berpedoman kepada sumber daya manusia , yaitu mengoptimalkan keberlanjutan agar tidak terhenti.

      Sifat keterkaitan sumber daya alam dengan tatanan lingkungan hidup harus melandasi proses terbentuknya pembangunan, sehingga dalam pembangunan di satu sektor perlu kiranya memperhitungkan dampaknya kepada penggunaan sektor lainnya. Selain itu, juga keterkaitan manusia pribadi sebagai makhluk sosial dengan lingkungan sosialnya perlu diperhitungkan sehingga pembangunan pada kedudukan manusia sebagai makhluk sosial.

     Pembangunan berwawasan lingkungan adalah ; upaya yang terencana yang memadukan lingkungan hidup, termasuk sumber daya, ke dalam proses pembangunan untuk menjamin kemampuan , kesejahteraan dan mutu generasi masa kini hingga generasi masa depan.

    Dengan demikian, penduduk yang memiliki kualitas hidup dalam konteks pembangunan adalah penduduk yang memounyai mentalitas pembangunan berwawasan lingkungan. []


Banda Aceh, 31 Maret 2016
Pembangunan Berwawasan Lingkungan Pembangunan Berwawasan Lingkungan Reviewed by Mac_Noumi on 21.16.00 Rating: 5

Tidak ada komentar: